Online

Cara Mengasuh Anak Anda Secara Aman Saat Online

Ada banyak bahaya yang dihadapi anak-anak dan remaja saat online. Anak-anak perlu dilindungi dari predator dunia maya dan penindas dunia maya. Orang tua disarankan untuk berbicara dengan anak-anak mereka tentang meletakkan informasi pribadi apa pun di Facebook, dan akun My Space, dll. Para orang tua juga harus diperingatkan tentang munculnya perilaku obsesif yang tidak hanya terkait dengan komputer tetapi juga dengan BlackBerry, iPhone, iTouchs, dan ponsel biasa. Semakin banyak orang dewasa dan anak-anak yang menjadi kecanduan email, SMS, video game, perjudian online, dan pornografi. Menyingkirkan internet di rumah seringkali tidak membantu, itu hanya mengirim anak-anak ke rumah teman, perpustakaan atau kafe internet.

Pakar keamanan online menyarankan ide-ide DominoQQ berikut agar Anda dapat melindungi keluarga Anda:

Batasi informasi Profil di AIM, Facebook, My Space, dll.

Komputer harus berada di tempat umum di rumah

Tidak ada komputer di kamar tidur

Batasi jumlah waktu yang dihabiskan anak-anak untuk online

Cobalah untuk mendorong anak-anak menemukan hobi yang tidak melibatkan komputer

Instal Filter seperti Net Nanny, K9, Safe Eyes

Instal key logger seperti E Blaster

Periksa tagihan ponsel Anda untuk memantau penggunaan SMS dan ponsel anak Anda

Praktikkan apa yang Anda khotbahkan – jangan menghabiskan banyak waktu di rumah di depan komputer atau di ponsel Anda.

Para orang tua didorong untuk menggunakan keterampilan pengasuhan yang sehat dan harus berkomunikasi dengan anak-anak mereka secara terbuka tentang penggunaan komputer dan ponsel mereka. Ini adalah faktor terpenting dalam melindungi anak-anak dari perilaku online yang berbahaya. Memberi ceramah dan moralisasi tentang bahaya internet membuat anak bosan dan mereka dengan cepat mengabaikan Anda.

Anak-anak perlu dilibatkan dalam diskusi tentang bagaimana mereka dapat mengelola dan bertanggung jawab atas perilaku online mereka. Anda dapat bertanya kepada mereka, “Apa saja strategi yang Anda atau teman Anda miliki untuk mengatur waktu komputer Anda dan untuk membuat Anda tetap aman?” Pertanyaan-pertanyaan ini mendorong anak-anak untuk berpikir secara mandiri dan bertanggung jawab tentang penggunaan online mereka.

Orang tua juga perlu menjadi panutan yang baik. Anak-anak perlu melihat orang dewasa dalam hidup mereka tidak terhubung. Waktu makan malam dapat dinyatakan sebagai zona bebas elektronik.

Yang terpenting, Orang dewasa harus menahan diri untuk tidak menghukum anak-anak mereka ketika dihadapkan pada perilaku online yang negatif dan tidak pantas, tetapi segera mencari bantuan profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.